AHLAN WA SAHLAN HUNAA....

Minggu, 23 Maret 2014

Kisah Alvin Fauzan (repost, edisi revisi)

bacalah DENGAN NAMA Tuhanmu....


Tersebutlah di ibu kota seorang anak muda yang sedang menimba ilmu di Ma’had Aliy An Nuaimy-Jakarta. Ia sedang merenung di pinggir sebuah kali (sungai). Kali Ciliwung namanya. (Maaf ya, untuk membaca cerita ini dilarang protes dulu. Ceritanya waktu itu kali ciliwung masih jernih, mengalir tanpa membawa bencana, bahkan banyak sekali ikan gabus, gurame dan lumba-lumbanya. **Kalo mau protes nulis sendiri... hehe ;)** )
Anak muda itu bernama M. Alvin Fauzan (gak boleh ada yang tesinggung, ini hanya cerita fiktif). Anak Kepulauan riau yang jauh-jauh datang ke Jakarta hanya untuk menimba ilmu meskipun orang tuanya lebih setuju ia belajar di Singapura. 


Anak muda yang lumayan tampan itu termenung karena sudah seminggu ini perutnya belum dimasuki sebutir nasi pun (ceritanya belum Romadhan). Apa boleh buat, ia sudah tidak punya sepeser uang pun, ma’had juga sudah tidak ngasih makan gratis, mau pulang juga harus jalan kaki ke ujung Sumatra sana. Ugh, bener-bener kepepet pokoknya. Jadi pilihan terakhir termenung saja di pinggir kali. Don not try this at home.
Sebenarnya terbersit niat di hatinya untuk berhutang pada temennya, atau bekerja barang nyuci piring gitu, atau nyuci baju alias ngelondry, atau nyuci photo juga boleh atau cuci-cuci yang lain juga ga apa-apa. Semuanya saat ini sangat rela dia lakukan demi mendapat sesuap nasi dan sebongkah berlian. hehe
Dia juga sempat berfikir minta belas kasih pada tukang mie samping Ma’had sambil memelas dan mengatakan sudah seminggu tidak makan. Cuma sayang, semua itu hanya ada di otak cerdasnya, belum berani benar-benar dia lakukan karena tubuhnya sudah tak berdaya lagi tersebab belum makan, ditambah dia memiliki izzah yang gak ketulungan tingginya (izzah tuh, macammm... harga diri lah pokoknya...). Konon kata orang kampungnya (emang dia orang kampung kok, ndhesso lan katro malah) mending mati dari pada menjadi hina di mata orang..... (tuh kan.... ampun dah! Kalo Cuma minta-minta doang ya hina, beda hal dengan kerja mas.. ), syukurlah. Dari pada niat jadi preman gimana, hehehe gak tau dah nasib tanah abang kek mana... hiiiii ngeri...
Nah, (lanjut cerita...) ketika sedang merenung itulah, Alvin melihat sebutir apel yang sedang ngambang mengikuti arus air sungai (gak tahu apakah ada yang ngelempar atau tukang jual apel lewat lalu apelnya jatuh satu, atau memang ada pohon apel di Jakarta, pokoknya tiba2 ada apel aja...).
Sebenarnya pada awalnya dia ragu untuk mengambilnya (gak niat ngambil maksud saya. Masalahnya?, mungkin dia gak bisa renang, males atau gimana, pokoknya gak niatlah...) tapi ternyata sang apel malah muter-muter di depannya, tambah deket dan tambah deket. dan akhirnya tepat di depan pemuda kelaperan itu. Yah, bagaimana lagi, gayung bersambut, perut lapar ada apel di depan mata, langsung aja embat... lumayan, buat pengganjal perut....
Setelah makan apel gede dan manis itu dalam satu menit, (hehehe... kasian.... saking kelaperannya...) si alvin baru sadar. Ia teringat sebuah hadits yang pernah ia pelajari di ma’had “Al Halaalu bayyinun wal haraam bayyinun, wa baynahuma umurun musytabihaaatun....!!yang halal jelas, yang haram jelas, dan di antara keduanya adalah hal-hal syubhat… gitu kurang lebih arti terjemahannya.
Sontak saja wajah Alvin memerah, matanya menguning, kepalanya pusing, terus perutnya terasa mual seakan tambah besar dan tambah besar...(itu mah kalo bukan gejala rabies ya flu b*bi... hehehe, sengaja dilebay-lebayin biar seru).  Alvin ingat bahwa apel yang ia makan itu belum jelas kehalalan dan keharamannya. Berarti apel itu masih syubhat..... !!!
Akhirnya ia menyesal atas kecerobohannya dan menangis sejadi-jadinya. Apalah guna belajar di Nuaimy 6 tahun kalo hanya cobaan seperti ini tidak bisa melewatinya..... (hehehe.... Nuaimy memperpanjang masa kuliah hingga 6 tahun sampai tingkat Doktoral. 3 paket. S1 2thn, S2 2thn, dan Doktoral (S3) 2thn jumlah keseluruhan 6thn. Bilmajjan lagi... GRATIS!! mau?. Eh lanjut dulu ceritanya... )
hiks..hiks.... huaaaa..... (ia meratap dan menangis sejadi-jadinya, untung gak ada yang denger, kalo ada yang denger udah ditimpukin tuh anak).  
Alvin bingung. Ia tidak tau apa yang harus ia lakukan. Mau ngadu ama batu, batu malah diem, mau nyebur kali ciliwung, takut tenggelem, eh, malah ada kodok, kodoknya mesem... (hayo loh, diketawain kodok... wkwk...yang mesem berarti..... hehe... sorry.. lanjut?...)
Akhirnya Alvin memutuskan untuk mencari asal-muasal apel misterius yang sudah tinggal cerita itu. Mulailah ia melangkahkan kaki setapak demi setapak menyusuri rawa lembah dan hutan berjalan di antara tebing curam semua dilalui demi perjuangan.... (mau kemana bos? Nyasar uey...). Pokoknya Alvin bertekad untuk menemukan pemilik Apel tersebut.
Singkat cerita, setelah genap tujuh hari tujuh malam (gak makan juga loh..). Pencarian Alvin membuahkan hasil. Ia berhasil menemukan toko buah-buahan di pinggir sungai (gak usah susah-susah dibayangin, Cuma ada dicerita yang dibaca oleh pembaca yang budiman... serah gw lah, yang punya cerita gw...). Tapi sayang tokonya sedang tutup. Orangnya gak ada. Akhirnya Alvin memutuskan untuk menunggu hingga pemilik toko itu datang.
Keesokan harinya, ternyata Alvin dibangunin seorang bapak-bapak paruh baya yang keliatan berwibawa dan terhormat. Pakaiannya bersih dan rapi, wangi lagi.
Heh, bangun! Dah pagi, ngapain tidur di depan toko saya?”
(Tega kali, dikira gelandangan apa?| Hehe. emang mirip... *eh| hati2 kalo ngomong! mahasiswa coy!| kan gw bilang mirip.. *peace).  
Dengan sabar Alvin menjawab; “Maaf pak, gak sengaja, tadi malam ketiduran setelah shalat tahajud...” (ceileee! alim euy, QL ampe kesiangan, buat poin gat tuh?).
“Ngapain shalat tahajud di depan toko saya? Mau nyolong ya?!” tanya bapak itu lagi setengah bercanda. Soalnya tidak terlihat bapak itu sepertii seorang pemarah. Lagian mana ada maling shalat tahajjud dulu sebelum nyolong?
 “Sebenarnya saya ada perlu sama bapak, jadi sekalian saya menunggu bapak dari kemarin...”
“?????....”
“e.... begini.... ngngngngngngngngngngngn… cescescesces...” panjang lebar Alvin menceritakan pengalaman pahitnya (Pluss memalukan) selama delapan hari ini hingga tak terasa muncratnya kemana-mana. Belum gosok gigi lagi.
Dia juga mengatakan kalo dia sedang menimba ilmu di Ma’had An Nu’aimy untuk meyakinkan sang Bapak. Sayang sang bapak tidak tau apa tuh An Nu’aimy...
“Penjelasan tentang An Nu’aimynya ntar aja bapak ya, sekarang saya ingin mengutarakan maksud saya, yaitu ingin meminta keikhlasan bapak atas Apel itu.” Katanya menutup cerita.
“Di apel itu ada label ‘manis gede’ nya gak? Kalo ada berarti benar punya saya... kalo gak, ya terpaksa kamu harus berjalan lagi.” (Oiya, tadi belum disebutkan kalo apelnya juga ada label ‘manis gede’ nya. Hehe lupa. Ya paling tidak disebutkan kata yang sama... hehehe... kalo gak percaya liat lagi ke atas).
Alvin mencoba mengingat-ngingat, “iya pak ada, rasanya juga sama” jawabnya spontan setelah berhasil mendapakan ingatannya kembali.
“Gak saya ikhlasin...!” kata bapak yang sekarang diketahui namanya Syarif Kariim itu seketika.
Kontan saja Alvin terkejut dan merasa sedih, ia merasa sudah bersusah payah dan optimis akan diikhlashkan demi menjaga kesucian jiwa raganya yang selama ini belum pernah dikotori. Ia merasa ada sesuatu yang sangat berharga telah ia buang sia-sia hanya karena sebuah apel yang ia makan karena kelaparan. Sesuatu itu adalah kemuliaan dan kesucian.
Sejak kecil Alvin memang menjaga dan dijaga dari kotoran-kotoran jiwa dan raga. Walaupun kondisi ekonomi bapaknya, Syafi’, selalu pas-pasan, beliau selalu mengajarkan Alvin untuk tidak mengotori jiwa raganya dengan memakan makanan syubhat, apalagi makanan haram.
“Yaudah, bapak jual apel itu ke saya, ntar saya bayar.”
Memangnya kamu punya uang? Jangan-jangan kamu memang sengaja pura-pura gak punya uang agar apel yang kamu makan gak usah kamu bayar....”
“Astaghfirullah!!! Alvin kaget setengah mati, Cuma hidup lagi hehehe... kalo mati setengah gimana ngomongnya coba..?
“Maksud saya... e... ee... saya ngutang dulu bapak. Ntar setelah saya mendapatkan uang saya akan kembali untuk membayarnya. Gimana?”
“Wah! Gak bisa begitu, saya kan belum kenal kamu, bisa saja kamu lari dan tidak kembali lagi...” Jelas bapak itu pura-pura tidak percaya sama Alvin (tampang preman seh...)
“Kalau mau saya ikhlasin, ya... harus kontan atau mau memenuhi 2 persyaratan saya... gimana?”
“Waduh, nih bapak kok pelit banget yah. Masa satu buah apel aja ampe segitu rumitnya. ya Allah...! hanya kepadamulah hamba mengadu... suara ratapan hati Alvin didengar yang nulis cerita ini. Kemudian disampaikan ke yang baca. Gak usah ikut dengerin, baca ja....
Akhirnya dengan perasaan berat ia bertanya lagi,
“Persyaratan apa pak?”
“Kamu harus menjaga toko saya selama sebulan... tanpa gaji!”.
“Sebulan pak?! Tanpa gaji?! Ya Allah..! trus makannya gimana?, tidur gimana? Kuliah saya juga gimana?” hehe... di kota seperti ini jaga toko sebulan dapat sepuluh karung apel kaleee... dasar nasibnya malang.... huahahaha....
“Tenang aja, makan saya yang tanggung, tidur di sini aja, trus kuliah ntar bapak mintakan izin cuti ke rektornya.” Jawab bapak itu enteng.
Alvin mulai berfikir, kalo ia menyanggupi, berarti ia harus kehilangan waktu sebulan dengan kecapean dan materi kuliah yang tertinggal, mana mau imtihan* lagi, Tadribat* belum di kumpulin, hafalan juga tinggal satu juz... belum persyaratan ke dua yang pastinya tidak kalah exstremnya... waduh...! gimana ya....? tapi kalo gak, usaha dia untuk menjaga kesucian diri menjadi sia-sia donk... jiwa raganya akan terkotori dan daging yang terbuat dari apel syubhat itu akan lebih mudah dimakan api neraka kelak ketika ia sudah mati nanti. Ditambah ia khawatir akan kualitas keturunannya karena apel gak halal itu ... bener-bener bagai makan buah simalakama... (emang tau simalakama tuh apa???? )
“Oke lah pak. Kapan kita mulai?”
“hari ini juga.”
“Oke. Syarat ke dua nya?”
“Ntar setelah satu minggu kamu jaga di sini, baru saya beri tahu kamu, sekarang kamu kerja dulu...”
Diam-diam sang bapak memperhatikan kerja Alvin Fauzan tanpa sepengetahuannya. Ternyata Bapak yang rambutnya sudah tampak memutih itu terkagum dengan kejujuran dan keuletan si Alvin. Ia merasa harus menjadikan pemuda ini menantunya satu-satunya. Jarang-jarang zaman sekarang ada anak muda yang seperti dia. Makhluk langka yang harus dilindungi nhe...
Akhirnya setelah satu minggu sang bapak kembali menemui Alvin di toko Apelnya.
“Persyaratan kedua adalah kamu harus menikahi anak saya yang buta, tuli, bisu dan buntung!” kata Pak Syarief enteng tanpa merasa terkejut melihat ekspresi wajah Alvin yang bagai orang kesetrum (ntu tuh... kek di film dono.... matanya mblalak, rambutnya berdiri, trus mukanya item...)
Waduh pak, jangan yang itu lah pak...!” pinta Alvin memelas.
“Kamu ingin menjaga keturunan kamu kan? Gak ada cara lain lagi. Atau kamu mau saya tarik lagi keputusan saya?”
Langsung bulu kuduk Alvin merinding, sekarang lebih berat lagi. Mau milih neraka atau nikah saja? Ya... walau sama orang cacat total… hehe (bayangin aja coba, nikah ma orang buta, tuli, bisu, buntung lagi... gak kebayang....)
“Cepet ambil keputusan! Gak ada waktu lagi buat istikharah.” Desak Pak Syarief.
Yaudah...” Jawab Alvin lesu dan pasrah.
Yaudah apa? Setuju?!”
“iya-iya...”
Nah! gitu dong. Mau bilang mau. Yang tegas jadi laki-laki tuh...”
2 hari kemudian diadakanlah akad nikah antara kedua mempelai di kediaman mempelai wanita. Dan rupanya Pak Syarif adalah pengusaha sukses yang memiliki harta yang berlimpah. Rumahnya gede, mobilnya banyak, bisnisnya macam-macam, sedangkan toko apel itu hanya kerja sampingan pembantunya yang sedang pulang kampung ke Jawa. Jadi untuk sementara waktu beliau yang menjaganya. Sungguh orang yang unik. (yang nulis aja heran...)
Setelah akad, Alvin dipersilahkan untuk menemui mempelai wanita yang sudah menunggunya di kamar pengantin yang cukup luas dan megah. Setelah beberapa menit berdiri dengan sejuta keraguan di depan pintu, Alvin pun akhirnya memberanikan diri masuk kekamar. Disana sudah ada dipan indah dan hiasan-hiasan kamar yang mahal-mahal. Kamar itu wangi bunga melati yang semerbak begitu wangi. Antara sedih dan senang deh....
Akhrirnya setelah menutup pintu, ia sangat terkejut melihat seorang wanita yang sangat cantik dan semampai melangkah kearahnya sambil berkata, “Silahkan mas...”
“Siapa kamu?” Tanya Alvin mengacuhkan sambutan wanita bermata hijau itu.
“Aku Istrimu mas...” jawab wanita itu sambil tersenyum.
“Apa?! Tidak kamu bohong...!” secepat kilat Alvin membuka pintu kemudian berlari meninggalkan wanita itu menuju Bapak mertuanya. 
“Ayah!!” (ceiellaaa ayah gituuh.. cikiciw... hehe)
“Iya nak, ada apa?” (beuuuhh... bener-bener bapak dan anak yang rukun... huahahaha)
“Yah, itu dikamar siapa seeeeh?” tanya Alvin....
“Di kamar mana?” canda Pak Syarif pura-pura tidak tahu.
“Di kamar istriku...”
“Ya istrimu lah, mana mungkin istri ayah?” jawab Pak Syarif lagi-lagi enteng.
“Tapi kata ayah istri saya buta, tuli, bisu dan buntung kan yah?” Tanya Alvin meyakinkan diri tanda belum mengerti, (harap maklum semuanya....).
“Ya maksud ayah, buta itu karena dia tidak pernah melihat hal-hal yang dilarang Allah untuk dilihat, tuli juga karena telinganya tidak pernah digunakan untuk mendengarkan hal-hal yang haram, bisu juga karena mulutnya tidak pernah berkata dusta dan kasar kemudian buntung karena dia juga tidak pernah menggunakan tangan dan kakinya untuk maksiat kepada Allah swt.” Jelas Pak Syarif panjang lebar, setelah menyadari menantunya tidak sepintar yang ia kira... (hehe...).
Yaaaaaaaahh!!” Teriak Alvin sambil mengepalkan tangannya di samping perut isyarat dia mau bilang ‘yes’....
Akhirnya Alvin dan istri hidup tenang damai santosa dan sejahtera,,,, setelah sebulan baru dia kembali melanjutkan kuliah S2nya yang sempat terputus karena musibah yang berujung anugerah ini. Dan, dari pernikahan itu, mereka dikarunia anak yang sangat alim dan mulia. Hafal Al Quran saat berusia 7 tahun, dan berfatwa tentang hukum-hukum Islam pada usia 15 tahun.
Ya, cerita ini diadabtasi dari kisah ayah Imam Syafi’I yang terkenal itu.
Sekian, terimakasih buat yang sudah baca…
See you later in the next story…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar antum antunna di sini: